Skip to main content

Ragam dan Bahasa Indonesia

              Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang Ragam dan Bahasa Indonesia, Manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi dalam masyarakat menggunakan bahasa, dan dalam masyarakat tersebut terdapat bermacam-macam bahasa yang disebut Ragam Bahasa. Indonesia merupakan Negara yang terdiri atas beribu-ribu pulau, yang dihuni oleh ratusan suku bangsa dengan pola kebudayaan sendiri-sendiri, pasti melahirkan berbagai ragam bahasa yang bermacam-macam dan ini disebut Ragam Bahasa Indonesia. Berdasarkan pokok pembicaraan, ragam bahasa dibedakan antara lain atas:
·        Ragam bahasa undang-undang
·         Ragam bahasa jurnalistik
·         Ragam bahasa ilmiah
·         Ragam bahasa sastra
Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:
1. Ragam lisan yang antara lain meliputi:
·         Ragam bahasa cakapan
·         Ragam bahasa pidato
·         Ragam bahasa kuliah
·         Ragam bahasa panggung
2. Ragam tulis yang antara lain meliputi:
·         Ragam bahasa teknis
·         Ragam bahasa undang-undang
·         Ragam bahasa catatan
·         Ragam bahasa surat
3. Ragam bahasa baku dan tidak baku, ciri – ciri ragam bahasa baku :
·         kemantapan dinamis, memiliki kaidah dan aturan yang relatif tetap dan luwes.
·         Kecendekiaan, sanggup mengungkap proses pemikiran yang rumit diberbagai ilmu dan tekhnologi
·         Keseragaman kaidah adalah keseragaman aturan atau norma
·         Proses pembakuan bahasa terjadi karena keperluan komunikasi. Dalam proses pembakuan atau standardisasi variasi bahasa, bahasa itu disebut bahasa baku atau standard. Pembakuan tidak bermaksud untuk mematikan variasi-variasi bahasa tidak baku. Untuk mengatasi keanekaragaman pemakaian bahasa yang merupakan variasi dari bahasa tidak baku maka diperlukan bahasa bahasa baku atau bahasa standard.

           Sekian sedikit pembahasan tentang ragam dan bahasa indonesia, bila ada salah kata atau penulisan mohon dimakhlumi, dan saya ucapkan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Puisi : Terakhir Kalinya

Kau hapus air mata yang terus mengalir Hapus segala penyesalan yang mungkin membunuh jiwaku Kau belai lembut diriku dan menenangkanku Aku merasakannya Aku tau kau pun terluka, tersiksa Sebenarnya kau juga menangis Namun tertahan Kau hanya tak ingin melihat ku semakin bersedih Teringat semua kenangan Semua keceriaan saat kita bersama Kini kau tak dapat menahannya Dan air mata itu akhirnya jatuh membasahi pipi Getaran bibirmu menyiratkan sakit yang tertanam Tanda tak ingin kehilangan Derai air mata tak dapat kau hentikan Membuatku semakin tak berdaya, semakin merasa sesak Lagi, kau usap air mataku, dan berkata kita bisa lalui semua Kata-katamu seolah kau mampu menghadapinya sendiri Tapi matamu seperti berbicara padaku Bahwa kau tak mampu, bahwa kau tak ingin ditinggalkan Tubuhmu mulai bergetar Air matamu turun tak tertahan Lalu kau bercerita tentang kita Tentang cerita cinta Berharap aku bisa mengubah keputusan Mengulang

TEORI ORGANISASI UMUM 2 - Teori Produsen dan Fungsi Produksinya

                Saya akan membahas tentang Teori produsen dan fungsi produksinya ·          Teori Produsen dan Fungsinya                 Teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya. Di dalam menganalisis teori produksi, kita mengenal 2 hal: Produksi jangka pendek                 Yaitu bila sebagian faktorSeorang produsen atau pengusaha dalam melakukan proses produksi untuk mencapai tujuannya harus menentukan dua macam keputusan: 1. berapa output yang harus diproduksikan 2. berapa dan dalam kombinasi bagaimana faktor-faktor produksi (input) dipergunakan.                 Untuk menyederhanakan pembahasan secara teoritis, dalam menentukan keputusan tersebut digunakan dua asumsi dasar: 1. bahwa produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum 2. bahwa produsen atau pengusaha beroperasi dalam pasar persaingan sempurna. Dalam teori ekonomi, s

Pergaulan Bebas

            Pergaulan bebas seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam peradaban umat manusia, kita patut bersyukur dan bangga terhadap hasil cipta karya manusia, karena dapat membawa perubahan yang positif bagi perkembangannya kemajuan industri masyarakat. Tetapi perlu disadari bahwa tidak selamanya perkembangan membawa kepada kemajuan, mungkin bisa saja kemajuan itu dapat membawa kepada kemunduran. Dalam hal ini adalah dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan iptek, salah satunya adalah budaya pergaulan bebas tanpa batas.             Dilihat dari segi katanya dapat ditafsirkan dan dimengerti apa maksud dari istilah pergaulan bebas. Dari segi bahasa pergaulan artinya proses bergaul, sedangkan bebas artinya terlepas dari ikatan. Jadi pergaulan bebas artinya proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. ·          Dampak dari pergaulan bebas             Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “dugem”