Skip to main content

Tanggapan Tentang Sumpah Pemuda dan Kondisi Pemuda Saat Ini


Saya akan memberikan sedikit tanggapan tentang Sumpah Pemuda dan Kondisi Pemuda saat ini, serta pergeseran norma dan budaya yang terjadi saat ini.

Sumpah Pemuda
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
        Sumpah Pemuda, sudah seharusnya segenap rakyat dan para pemuda Indonesia memperingati momentum 28 Oktober 1928 sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan para kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.
       Tanggapan saya sekarang ini kondisi pemuda Indonesia telah mengalami krisis kebangsaan atau hilangnya jiwa Sumpah Pemuda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang saat ini telah berperilaku  tidak sesuai norma dan butir-butir Pancasila. Contohnya yaitu sekarang ini banyak generasi muda yang tidak bertaqwa kepada Tuhan YME, maraknya tawuran pelajar atau mahasiswa dan bentrok dengan sesama rakyat Indonesia. Hal ini yang malah menjadi budaya di negeri kita, padahal hal seperti itulah yang menjadi dasar memudarnya rasa persatuan dan kesatuan yang terjadi pada generasi penerus bangsa Indonesia, dan hilangnya isi dari Sumpah Pemuda.
       Norma-norma dan budaya bangsa Indonesia juga semakin tergeser atau luntur, karena masyarakat kita khususnya para pemuda lebih condong senang meniru  budaya-budaya luar dari pada budaya asli kita sendiri. Pemuda sekarang ini berbeda jauh dengan pemuda-pemuda zaman dulu, jika para pemuda dulu cenderung aktif, kreatif, ulet dan mau berusaha, sedangkan pemuda sekarang ini sudah dimanjakan dengan peralatan serba canggih, sehingga kebanyakan tidak mau berusaha dengan keras, dan yang lebih parah selalu bersikap emosional dan anarkisme.
          Pergeseran norma dan budaya yang terjadi tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kondisi para pemuda Indonesia saat ini, Maka kita sebagai generasi penerus pemuda bangsa Indonesia hanya diwarisi dan diharapkan agar menjaga dan melestarikan budaya jiwa sumpah pemuda serta menjunjung tinggi isi dari sumpah pemuda, dengan cara setidaknya wajib memperingati hari Sumpah Pemuda, agar tidak melunturnya atau hilangnya hari kelahiran bangsa Indonesia kita. dan kita tidak boleh menyerah pada setiap masalah yang terjadi, kita harus tegar dan  berjiwa Sumpah Pemuda. Hidup Negaraku Indonesia.


Comments

Popular posts from this blog

Puisi : Terakhir Kalinya

Kau hapus air mata yang terus mengalir Hapus segala penyesalan yang mungkin membunuh jiwaku Kau belai lembut diriku dan menenangkanku Aku merasakannya Aku tau kau pun terluka, tersiksa Sebenarnya kau juga menangis Namun tertahan Kau hanya tak ingin melihat ku semakin bersedih Teringat semua kenangan Semua keceriaan saat kita bersama Kini kau tak dapat menahannya Dan air mata itu akhirnya jatuh membasahi pipi Getaran bibirmu menyiratkan sakit yang tertanam Tanda tak ingin kehilangan Derai air mata tak dapat kau hentikan Membuatku semakin tak berdaya, semakin merasa sesak Lagi, kau usap air mataku, dan berkata kita bisa lalui semua Kata-katamu seolah kau mampu menghadapinya sendiri Tapi matamu seperti berbicara padaku Bahwa kau tak mampu, bahwa kau tak ingin ditinggalkan Tubuhmu mulai bergetar Air matamu turun tak tertahan Lalu kau bercerita tentang kita Tentang cerita cinta Berharap aku bisa mengubah keputusan Mengulang

TEORI ORGANISASI UMUM 2 - Teori Produsen dan Fungsi Produksinya

                Saya akan membahas tentang Teori produsen dan fungsi produksinya ·          Teori Produsen dan Fungsinya                 Teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya. Di dalam menganalisis teori produksi, kita mengenal 2 hal: Produksi jangka pendek                 Yaitu bila sebagian faktorSeorang produsen atau pengusaha dalam melakukan proses produksi untuk mencapai tujuannya harus menentukan dua macam keputusan: 1. berapa output yang harus diproduksikan 2. berapa dan dalam kombinasi bagaimana faktor-faktor produksi (input) dipergunakan.                 Untuk menyederhanakan pembahasan secara teoritis, dalam menentukan keputusan tersebut digunakan dua asumsi dasar: 1. bahwa produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum 2. bahwa produsen atau pengusaha beroperasi dalam pasar persaingan sempurna. Dalam teori ekonomi, s

Pergaulan Bebas

            Pergaulan bebas seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam peradaban umat manusia, kita patut bersyukur dan bangga terhadap hasil cipta karya manusia, karena dapat membawa perubahan yang positif bagi perkembangannya kemajuan industri masyarakat. Tetapi perlu disadari bahwa tidak selamanya perkembangan membawa kepada kemajuan, mungkin bisa saja kemajuan itu dapat membawa kepada kemunduran. Dalam hal ini adalah dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan iptek, salah satunya adalah budaya pergaulan bebas tanpa batas.             Dilihat dari segi katanya dapat ditafsirkan dan dimengerti apa maksud dari istilah pergaulan bebas. Dari segi bahasa pergaulan artinya proses bergaul, sedangkan bebas artinya terlepas dari ikatan. Jadi pergaulan bebas artinya proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. ·          Dampak dari pergaulan bebas             Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “dugem”